Cara Mengatasi Data Nomor Siswa Tidak Muncul di Verval Ponsel
Sampai hari ini yang saya lihat, masih banyak data siswa pada verval ponsel yang belum tampil, padahal dapodik sudah tersinkronisasi, jadi untuk menjawab sedikit kegundahan ayah bunda OPS, saya menuliskan sedikit permasalahan yang menyebabkan tidak tampilnya data siswa di verval ponsel :
1. Siswa yang berasal dari TK/PAUD ini disebabkan instansi sekolah yang bersangkutan belum melakukan sinkronisasi sehingga datanya berganda. Hal ini bisa di cek di laman verval PD https://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/. Jika TK/PAUD yang bersangkutan sudah sinkron maka otomatis muncul di laman verval Ponsel.2. Siswa berganda dengan sekolah lain. Penyebab lain tidak munculnya nama siswa di verval ponsel adalah data siswa berganda dengan sekolah lain. Hal ini juga bisa dicek di menu residu laman vervalpd.
Cara Verval Nomor Ponsel Guru
Seperti diketahui tidak hanya siswa yang mendapatkan kuota
kemdikbud ini, namun juga diberikan untuk guru. Kalau melihat data yang ada,
nama guru yang belum / tidak memiliki NUPTK tidak muncul, namun ini hanya
sementara karena nanti guru yang belum memiliki NUPTK akan muncul.
Proses verval nomor HP guru ini sama saja dengan verval
ponsel nomor peserta didik. Namun kendala saat ini adalah susahnya akses login
di web verval tersebut serta padatnya traffic kunjungan ke web tersebut
sehingga loading menjadi lambat.
Update, Data No HP Pendidik saat ini sudah
terverifikasi otomoatis oleh sistem yang ditandai dengan dua panah kecil
mendatar.
Update Berita
Saat ini memang masih terjadi kendala pada system dalam
vervalponsel, Jadi harus lebih bersabar lagi bagi para pejuang pendataan.
Kunci sukses pendataan nomor ponsel siswa dimulai dari
Dapodik, selanjutnya vervalponsel hanya berfungsi untuk :
- Memperbaiki nomor ponsel yang salah saat pengisian di aplikasi Dapodik,
- Mengisi nomor ponsel yang masih kosong,
- Mengisikan kepemilikan,
Semoga bisa di lakukan kerja tim di sekolah dalam rangka
mempercepat proses pendataan nomor ponsel tersebut.
Update terbaru Hasil Sosialisasi Verval Ponsel
Sosialisasi Verval Ponsel
Pemberian Kuota kepada peserta didik harus memenuhi 5 K:
- Kepastian sebagai Peserta Didik/ Guru aktif, terdaftar di dapodik sekolah induk
- Kepastian Data unik dan tunggal (1 NISN, 1 orang dan 1 satuan pendidikan)
- Kepastian nomor ponsel (kepemilikan)
- Kepastian aktif/tidak aktif nomor ponsel yang didaftarkan
- Kepastian Persetujuan Kepala Sekolah (SPJTM ditandatangani KS dan bermaterai 6000)
Provider yang digandeng : Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, 3 (Tri) dan Axis
Paket kuota yang akan didapatkan adalah langsung kuota data
dan bukan pulsa agar tidak diperjualbelikan atau dipaki untuk keperluan selain
pembelajaran. RinciannyaSiswa 35 GB, Guru 42 GB dan Mahasiswa/Dosen 50 GB.
Alur Data pemberian kuota:
- Perbaikan data ponsel yang bisa dilakukan melalui Dapodik (sebelum tanggal 11 September) dan melalui verval ponsel (setelah tanggal 11 September)
- Validasi Nomor ponsel, bertujuan mendeteksi nomor pondsel apakah sesuai dengan kelima provider atau tidak. Apabila tidak maka harus dilakukan perbaikan.
- Nomor ponsel yang sudah melalui verval akan dikirim ke provider untuk dilakukan pengecekan, apakah nomor aktif, tidak aktif atau pasca bayar.
- Nomor ponsel yang tidak aktif akan dikembalikan ke PUSDATIN
- Diperoleh data yang valid adalah data yang aktif atau pasca bayar
- Cetak SPJTM
- SPJTM dan data nomor siswa valid dikirim kembali ke provider untuk dilakukan injeksi kuota(berhasil atau tidak)
Satu kali peroide pengiriman kuota (satu bulan), bisa
melakukan beberapa kali cetak SPJTM.
Pastikan jumlah siswa dan jumlah guru sesuai, baru ditandatangani Kepala
Sekolah dan bermaterai.
SPJTM yang sudah ditandatangani selanjutnya diupload ke web. Upload SPJTM
dilakukan sebanyak jumlah SPJTM yang dicetak, dengan memperhatikan nomor SPJTM
dan terakhir mengecek tanggal upload SPJM apakah berhasil atau tidak.
Untuk Guru syaratnya harus aktif di sekolah induk pada
semester ini dan jenis PTK adalah Guru atau Kepala Sekolah. NUPTK bukan syarat
utama.
Tanya Jawab
1. Papua
Q: Daerah SM3T tidak terjangkau jaringan 2G
A: tetap diinputkan no HP, nanti akan difilter dari pihak PUSDATIN dan
provider, agar tidak merugikan siswa dan negara karena kuota tidak bisa dipakai
2. Cahyono, Pabuaran Salem Brebes
Link Gangguan sehingga tidak bisa mencetak SPJTM (teknis)
A: akan dioptimalkan, aplikasi dan servernya
Q: Operator apakah bisa mendapatkan bantuan kuota
A: prioritas pertama adalah Pendidik dan Peserta Didik SD, SMP, SMA/SMK
3. Pak Fauji SMPN 2 Surabaya
Q: Ada siswa yang tidak masuk verval ponsel karena terkendala NISN (SD salah
mengentri data)
A: koordinasi merger siswa secara sistem atau koordinasi dengan rekan kabupaten
kota/ provinsi. Mekanisme tarik data untuk menambah PD baru guna meminimalisir
kesalahan.
Klaim NISN indeks kemiripan.
pastikan identitas siswa di residu betul.
4. Maluku tengah
Q: Waktu berkunjung ke link dipetakan berdasarkan wilayah.
A: satu hari bisa mencapai 100ribu pengunjung yang mengakses. Diusahakan
membuat jadwal.
5. SMKN 2 Teluk Kuantan
Q: Jumlah siswa tidak sesuai dengan vervalponsel, berapa lama setelah dapodik
sinkron untuk masuk ke verval hp
A: kemungkinan penambahan record siswa yang terdata di sekolah (pengecekan NISN
ganda). Cek di vervalpd masalah di bagian mana. Yang masuk ke vervalponsel data
yang unik dan tunggal
Setelah saya pelajari panduan Verifikasi dan Validasi No HP dapat saya simpulkan sebagai berikut :
- Operator melakukan penginputan no ponsel melalui aplikasi Dapodik lalu melakukan sinkronisasi sebelum tanggal 11 Sep 2020
- Provider dan PUSDATIN melakukan tarik data dari server dapodikdasmen pada tanggal 11 September 2020 untuk mengecek kevalidan/keaktifan no HP
- Sekolah melakukan Perbaikan data ponsel jika terdapat di residu setelah tanggal 11 september 2020.
- Sekolah mencetak SPTJM dan memberi materai dan Ttd Kepsek lalu scan.
- Pusdatin mengecek SPTJM dan mengirimkan pulsa.
Sangat membantuπππππππ
BalasHapusUntuk lanjutannya bulan depan yh, sepertinya masih banyak yg tidak berhasil verval ponsel
Hapus